TIPS MENGATASI FLASHDISK ATAU MEMORY MINTA FORMAT

Flashdisk atau Memory Merupakan sebuah alat hardwere yang sering digunakan untuk menyimpan data atau file bahkan dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi pada komputer, tetapi terkadang flashdisk juga mengalami kendala saat di jalankan ke komputer, sepertihalnya flashdisk minta format. kali ini aku bakal membahas tentang tips mengatasi flashdisk yang meminta format sekaligus mengatasinya.


Sebelum saya melanjutkan pembahasan mengenai tips mengatasi flashdisk yang minta format, kita terlebih dahulu mengapa sering terjadi flashdisk atau memori minta diformat, berikut ulasan tentang mengapa Flashdisk atau Memory minta format :
    a. Flashdisk tidak di eject dengan benar atau langsung cabut dari komputer, itu salah satu penyebab terjadinya Flashdisk atau Memory minta format
    b. seringnya terjadi mati mendadak pada komputer juga bisa mengakibatkan kerusakan pada FLashdik atau Memory.
    c. Flashdisk atau Memory terjatuh, terendam air, itu juga dapat memicu terjadinya Flashdisk dan Memory minta FORMAT.

 Dan langsung saja berikut beberapa ulasan tentang Tips Mengatasi Flashdisk atau Memory Minta Format.

1. Menggunakan Comand Promt (CMD)
Mungkin langkah pertama ini dapat anda lakukan untuk mengatasi flashdisk atau memory yang mengalami kerusakan, berikut langkah-langkahnya.
    a. Buka Comend Proomt dengan cara (tekan tombol kombinasi windows + R) kemudian ketik cmd pada kolom tersebut lalu tekan enter.
    b. Kemudian lihat posisi drive anda yang bermasalah apakah ada di D, E, ATAU F silahkan anda pastikan dulu.
    c. setelah anda pastikan dimana flashdisk  yang mengalami masalah atau kerusakan tadi, misalnya localdisk F.
    d. Kemudian masuklah ke drive yang rusak tadi melalui Comand Promt Ketikkan Di F: selanjutnya enter, lalu ketik chkdsk /f untuk menjalankan proses chek serta repair error yang terdeteksi saat checking disk, tunggu sampai proses pengecekan selesai.
    e. apabila pada saat menjalankan chkdsk /f pada Comand Promt muncul tulisan "Access Denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in eleveted mode." maka anda tidak berhak untuk menjalankan perintah tersebut, jalankan kembali Comand Promt dengan menggunakan akses administrator, maka error tidak akan muncul lagi pada anda.


2. Menggunakan Error Checking (windows Tool)
Mungkin langkah kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan tool bawaan dari windows yaitu ERROR CHECKING TOOL, dan berikut cara menjalankannya.
    a. Buka Windows Explorer (tekan tombol kombinasi windows + E).
    b. setelah itu lihat posisi drive anda yang bermasalah apakah ada di D, E ATAU F, kemudian pastikan terlebih dahulu drive anda.
    c. Kemudian klik kanan pilih properties pada drive yang rusak tadi, maka akan muncul jendela properties pada layar.
    d. Langkah selanjutnya klik pada tab tool dibagian atas windows yang muncul setelah itu fokus pada bagian error checking kemudian klik tombol check yang ada di sebelahnya.
    e. Langkah berikutnya ikuti petunjuk untuk melakukan scaning error pada drive yang akan di scan dan tunggu sampai prose selesai.

Ya itu tadi sekilas Tips Mengatasi Flashdisk Atau memory Minta Format dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terimakasih.




Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment